Talak Online Kartonyono atas Juminten

Diposting pada

Juminten vs Kartonyono

Tak sekalipun Juminten membayangkan kejadiannya akan seburuk ini.   Sepekan ini, benda yang paling sering dilihatnya adalah ponsel dan pintu. 

“Sudah sepekan, Tar,” ucapnya dengan bibir bergetar.  “Kuharap ini mimpi.  Setiap detik aku seperti mendengar pintu diketuk, atau muncul notifikasi pesan dari Kang Kartonyono.”

“Sabar ya, Jum.  Ia butuh waktu tanpa diganggu siapapun buat menenangkan diri.  Tak mudah menerima kenyataan bahwa dirinya tak mampu memiliki anak juga ledakan emosimu.”

Mata Juminten berkaca-kaca.  Baginya kekurangan Kartonyono tak jadi soal.  Tarmini tak tahu ada satu hal yang membuat Juminten gagal mengendalikan diri.  Amarahnya meluap malam itu lalu diikuti kepergian Kartonyono hingga sepekan ini tanpa kabar.

“Kita akan mencarinya sama-sama, Jum,” usul Tarmini.  “Jangan dulu menyerah!”

“Sudah kuupayakan banyak cara, Tar.  Yang terakhir, aku tak sanggup lagi menahannya.”

Tarmini tak tahu lagi harus berkata apa.   Ia menatap lekat-lakat wajah Juminten yang kehilangan senyum ceriaanya.  Lalu memandang  ke arah pintu.  Lalu keduanya memandang ponsel yang berdering.  Kartonyono memanggil.

Juminten menyambar ponsel lalu menyapa dengan gugup.  “Kang!”

“Jum, maaf.  Mulai sekarang, kau bukan lagi istriku.  Kamu saya cerai.”

Lidah Juminten kelu.  Ia memandang Tarmini tanpa berkedip dengan rahang mengeras dan tubuh kaku.

“Apakah ini syah, Tar?” tanya Juminten dengan butir air mata jatuh satu-satu.

Mungkin ini terbaik.  Juminten masih bisa menerima kekurangan suaminya namun hatinya remuk ketika mengetahui bahwa Kartonyono memiliki kekasih simpanan. 

Sahabat, pernah mendengar, melihat, atau bahkan mengalami kisah yang terjadi pada Juminten?  Turut sedih atau setetes air mata mulai jatuh?  Juminten sungguh tak pernah menyangka pernikahannya kandas di usia ke 5.  Dimana mestinya dasar-dasar membangun rumah tangga sudah kokoh, tegak berdiri, tinggal melanjutkan kehidupan berkeluarga, tumbuh dan berkembang.

Tentu saja selama ini kita berpikir, bahwa ikatan pernikahan adalah sesuatu yang sakral.  Dimana kita saling mengucap janji sehidup semati.  Bersetia satu sama lain.  Saling memiliki, melindungi, dan menjaga jiwa raga.  Tempat seseorang merasa tenteram di dalamnya.  Ini yang menjadi tujuan pernikahan menurut Al Quran Surat Ar Rum ayat 21.  Sehingga sangat tabu rasanya ketika membicarakan perceraian.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. QS. Ar Rum:21

Namun tak ada pernikahan tanpa ujian.  Ujian itu mestinya menguatkan.  Harusnya mengeratkan satu dan lainnya untuk mengatasi bersama.  Bagaimanapun, manusia seringkali tergoda, tergelincir pada hal-hal yang tak semestinya.

Juminten sebenarnya menerima Kartonyono yang tak subur.  Masalah ini masih bisa diatasi selama Kartonyono setia terhadap dirinya.  Sayangnya, penerimaan Juminten tak berbalas manis.  Kartonyono merasa harga dirinya tercabik karena tak bisa memberikan kebahagiaan pada Juminten.  Meski Juminten tetap menghargainya, ada yang rumpang dalam hubungan tersebut.  Pada celah itulah, Kartonyono mencoba mengisinya dari wanita lain.  Entah bagaimana mulanya Juminten tahu.  Kemarahannya meledak yang berujung kepergian Kartonyono.  Lelaki itu merasa gagal segalanya.  Ia tak ingin menatap Juminten lagi.  Mediasi gagal.  Dan melalui panggilan telepon, ia menjatuhkan talak.  Ini yang disebut talak online.

Ketika sebuah perkawinan mengalami kerusakan, kegagalan, dan jika dilanjutkan akan menimbulkan banyak kemudaratan, Islam memiliki solusi.  Islam bukan agama yang kaku.  Ishlah dalam bentuk perceraian diperbolehkan dengan syarat-syarat tertentu.  Begitu juga talak online seperti yang dilakukan Kartonyono atas Juminten.

Makna Talak

Talak berarti melepaskan ikatan pernikahan yang dulu pernah diikat dalam ijab qobul.  Hukumnya mubah, boleh saja dilakukan ketika tak ada lagi jalan keluar.  Boleh dibilang, ini solusi akhir setelah beberapa tahapan atau mediasi telah dilalui.   Dan tak perlu khawatir akan karunia Allah usai perceraian.

Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberi kecukupan kepada masing-masingnya dari limpahan karunia-Nya. Dan adalah Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Bijaksana.  QS. An Nisa: 130

Meski diperbolehkan, jangan buru-buru memberi talak.  Ketika masalah datang, evaluasi dulu, adakah hak dan kewajiban suami istri yang belum ditunaikan.  Muhasabah diri jangan asal menyalahkan.  Baru mencari solusi terbaik dan adil untuk kedua pihak.

Hak dan kewajiban suami istri:

  1. Hak istri terhadap suami
  2. Hak suami terhadap istri
  3. Hak dan kewajiban bersama

Hak istri:

  1. Menerima mahar
  2. Digauli dengan baik, nggak boleh dikasari/kdrt/membimbing istri dengan lembut, melalui verbal
  3. Menerima nafkah lahir batin
  4. Diberikan keadilan antara banyak istri
  5. Dimuliakan

 

Kewajiban istri

  1. Taat dan patuh pada suami. Jika dibolehkan manusia menyembah manusia, maka istri boleh menyembah pada suami.  Rido suami adalah jalan surga bagi istri
  2. Pandai mengambil hati suami melalui makanan dan minuman
  3. Mengatur rumah dengan baik
  4. Menghormati keluarga suami
  5. Sopan dan senyum
  6. Tidak mempersulit Mendorong suami untuk maju. Dibalik suami yang sukes
  7. Rido dan syukur terhadap pemberian
  8. Menjaga harta dan kekayaan suami ketika suami tidak dirumah
  9. Berhemat dan suka menabung

Hak suami

  1. Ditaati dalam hal apapun asal tidak dlm maksiat
  2. Menjauhkan diri dari mencampuri yang menyusahkan
  3. Muka masam
  4. Tidak menunjukkan keadaan yang tidak disukai suami

Kewajiban suami

  1. Membimbing istri
  2. Melindungi istri dan memberi yang dibutuhkan
  3. Pendidikan agama dan memberi kesempatan istri untuk belajar lainnya
  4. Memberi nafkah, memuliakan istri

Jika hak dan kewajiban sudah ditunaikan tapi masih ada masalah maka

  1. perlu dievaluasi. Muhasabah diri.
  2. ikuti petunjuk al quran dan sunah. Gimana car amemperbaiki keluarga yang retak

 

Talak sebagai Hak suami

Hukum yang telah ditetapkan Allah tentu yang paling adil.  Begitu juga mengapa memberi talak menjadi hak suami.  Kita tahu bahwa perempuan makhluk yang emosional, cenderung memakai hati ketika memutuskan sesuatu.  Bagaimana jika marah sedikit istri menalak, sakit sedikit menalak?

Meskipun menjadi hak suami, mereka juga harus berhati-hati dengan kata talak.  Karena talak yang diucapkan main-main, tanpa niat, atau dalam kondisi marah bisa jadi sudah sah, talak 1.  Di samping itu, perlu diperhatikan bahwa suami dilarang menalak istri dalam keadaan hamil, haid, nifas, atau baru saja digauli. Karena dikhawatirkan, telah terjadi pembuahan yang membentuk janin.

Talak Online

Talak dibagi dua berdasarkan kejelasan makna:

  1. Talak sarih, jelas: suami mengucapkan kata talak atau yang semakna langsung secara jelas.  Kamu saya cerai, kamu saya talak, kamu saya pisah, itu langsung jatuh talak.  Meskipun melalui telepon, atau video call, istri dapat mengetahui dengan jelas bahwa yang mengatakan talak itu suaminya.  Tidak menimbulkan penafsiran ganda, maka hukumnya syah;

 

  1. Talak inayah / sindiran. Tak langsung.  Bisa diucapkan secara langsung maupun melalui media online.  Kamu saya pulangkan ke orang tuamu.  Bisa sah kalau disertai niat dari suami.   Talak tak langsung ini termasuk talak melalui tulisan, pesan di media online.  Ini mesti diperiksa dulu, apakah benar suami yang menulis pesan.  Karena bisa jadi ponsel atau akun media yang digunakannya sedang digunakan orang lain.  Selain itu, pemahaman seseorang berbeda-beda ketika menafsirkan tulisan tak langsung.

 

Allah sungguh maha adil.  Baik pada suami atau istri.  Jadi tak boleh asal menghakimi.  Jika permasalahan yang dihadapi suami istri tak menemukan solusi, cerai mungkin jalan terbaik.  Pada hukum Allah selalu dipenuhi kemaslahatan.

 

 

Gambar Gravatar
Dari sebuah titik zenit, untuk garis, bidang, ruang, dan kembali pada kehampaan. Penyuka warna hitam dan kopi hitam, suka menulis untuk mengasah kepekaan dan cara meditasi, untuk memperbaiki diri serta menebar inspirasi.