Jadilah Pemimpin yang Menginspirasi dengan 8 Kebiasaan ini

Diposting pada

THE 8TH HABIT

 

Identitas Buku

Judul               :    Seni Hidup Minimalis

Penulis             :    Stephen R. Covey

Penerbit           :    PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit    :    2005

Jumlah halaman   :  597

Jenis                :    Pengembangan diri, Psikologi

 

Sinopsis Buku

 

Semakin besar perubahan, semakin sulit tantangannya_Stephen R. Covey

The 8th Habit merupakan sekuel dari buku Stephen R. Covey sebelumnya, The 7th Habits of Highly Effective People yang terbit tahun 1989.  Puluhan tahun berselang, segalanya berubah.  Kehidupan tak sesederhana yang kita pikirkan.  Kita menghadapi tantangan yang lebih besar.  Maka efektif saja tak cukup.

7 habits bukannya tak relevan lagi.  Namun pada konteks realitas era ini, bertahan, bertumbuh, berinovasi, dan menjadi unggul harus melampaui efektivitas dan mengapai keagungan.  The 8th habit ini adalah jawaban yang Stephen Covey berikan.  From Effectivitas to greatness.

Tujuannya untuk mengejar pemenuhan diri, 8 habits ini dinarasikan lengkap dengan infografis yang memudahkan pembaca untuk memahaminya.  Selanjutnya, 8 kebiasaan yang  dilaksanaan penuh semangat merupakan sumbangan penuh makna bagi kepemimpinan terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Melalui empat peran kepemimpinan ini, jadilah pemimpin yang agung, yaitu menjadi anutan (dengan menerapkan 7 kebiasaan), menjadi perintis jalan, (mengarahkan hidup dengan visi), menjadi penyelaras (mengatur agar sistem dan struktur, organisasi serta pelaksanaannya selaras dengan visi yang sudah ditetapkan), dan menjadi, pemberdaya (membantu orang lain mencapai potensi dirinya).

Buku ini membuka wawasan dan mendorong kita untuk menemukan panggilan jiwa kita dan hidup penuh kebanggaan maupun gairah yang luar biasa.  Lalu mulai mengilhami orang lain untuk menemukan panggilan jiwa mereka.  4 kecerdasan–fisik akan menjadi penuntun untuk menjawab tantangan di era ini.  yaitu, (PQ), mental (IQ), emosi (EQ), spiritual (SQ)–di mana ketiga kecerdasan yang pertama tunduk kepada kecerdasan yang terakhir, yang sering disebut hati nurani.

Membaca buku ini membuat saya terinspirasi.  Tapi butuh waktu lama untuk menyelesaikannya.  Saya pikir, buku ini bisa dibuat menjadi beberapa edisi.  Tak mudah menerapkan buku ini.  Butuh latihan sebagaimana latihan secara teguh menjadi untuk menjadi pemimpin yang menginspirasi.

Penutup

 Efektivitas dalam kepemimpinan merupakan satu keharusan.  Namun, seorang pemimpin harus memiliki kompetensi lebih untuk memainkan perannya yaitu panggilan jiwa.  Memimpin atas dasar panggilan jiwa membuat pemimpin tak hanya bertahan mampu membangun peradaban.  Jadilah pemimpin inspiratif dengan menjalankan 8 kebiasaan. Temukan suara hati Anda dan mulailah mengilhami orang lain.

 

 

 

Gambar Gravatar
Dari sebuah titik zenit, untuk garis, bidang, ruang, dan kembali pada kehampaan. Penyuka warna hitam dan kopi hitam, suka menulis untuk mengasah kepekaan dan cara meditasi, untuk memperbaiki diri serta menebar inspirasi.