Hadapi Dengan Senyuman

Diposting pada

IDENTITAS BUKU

Judul buku      :  Hadapi Dengan Senyuman

Penulis             :  El Salman Ayashi. Rz

Penerbit           :  Trussmedia Grafika, Yogyakarta

Tebal buku      :  136

 

Senyum yang Menguatkan

Tersenyumlah dengan hatimu dank au akan mengetahui betapa dahsyat dampak yang ditimbulkan oleh senyuman itu_Anonim

Penulis membuka bukunya dengan kisah-kisah inspiratif tentang keajaiaban senyuman.  Contoh kejadian mungkin biasa kita alami sehari-hari.  Masalah sederhana yang jika dibiarkan bisa membesar, yang jika dihadapi dengan kekerasan berbalik menjadi bencana.  Namun seulas senyum tulus mampu menjadi solusi.

Dikisahkan ketika Rasululloh SAW kembali dari bepergian.  Segelas air telah disiapkan oleh Aisyah RA.  Rasulullah langsung meminumnya tanpa sisa.  Hingga istri beliau tiga bertanya mengapa dihabiskan padahal biasanya, setengah gelas untuk istrinya.  Rasulullah hanya membalas dengan senyuman.  Penasaran, Aisyah RA mencecap sedikit yang tertinggal di gelas.  Belum sampai perut, beliau memuntahkan karena keasinan.

Betapa akhlak Rasulullah sungguh mulia.  Senyum adalah solusi.  Tanpa menyakiti, tanpa menyingung sedikitpun perasaan istrinya.  Senyum adalah bentuk perlindungan Rasulullah untuk Aisyah.

Amalan Kecil Kaya Manfaat

Senyummu kepada Saudaramu adalah sedekah_HR. Tirmidzi

Seberapa susahnya sih senyum?  Susah juga kalau hati sedang tak menginginkan bukan?  Ketika menghadapi masalah, mengalami hal buruk, sepertinya tersenyum yang mudah jadi susah.  Kalaupun memaksakan diri, yang terbit adalah senyum basa-basi.

Oke, mari kita mengenal beberapa jenis senyuman sebagaimana disebutkan El Salman Ayashi. Rz dalam bukunya.

  1. Senyum sinis. Ini tak dianjurkan ya, karena melawan perintah Allah dan Rasul-Nya.  Tersenyum sinis, selain membuat orang lain tersakiti, juga akan berbalik menjadi penyakit hati dalam diri kita.
  2. Senyum dibuat-buat. Senyum ini tak hadir dari hati.  Bisa jadi hanya untuk menarik simpati atau basa-basi.
  3. Senyuman duka. Senyum ini muncul akibat kekecewaan terhadap sesuatu atau seseorag.
  4. Senyum bahagia. Inilah senyum yang hadir dari kegembiraan hati, misalnya bertemu teman lama, karena keberhasilan, sesuatu yang lucu, takjub, atau keinginan terkabul.  Akan terlihat dari bagaimana cara orang tersenyum.

Dari keempat jenis senyum tersebut, yang paling utama adalah senyum bahagia.  Senyum ini mewarnai wajah karena hati yang juga bahagia.  Dan senyum bahagia yang paling diharapkan adalah senyum orang-orang mukmin di surga kelak.

“Bannyak wajah pada hari itu berseri-seri, tertawa dan bergembira.” (QS. ‘Abasa: 38-39)

Inilah senyum terindah yang kita harapkan.  Senyum sebagai ekspresi hati memiliki banyak manfaat.  Senyum merupakan pintu terbukanya cinta kasih.  Mampu menenangkan jiwa, mendatangkan kebahagiaan, dan menguatkan pikiran.  Oleh karenanya, senyum dapat mengurangi stress dan menguatkan mental.

Kebahagiaan yang ditimbulkan senyuman juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik.  Seperti mencegah serangan jantung, pereda rasa sakit alami, obat awet muda, dan panjang umur.  Dalam hal sosial kemasyarakatan, senyum mampu menumbuhkan rasa cinta sesame manusia sehingga mengeratkan persaudaraan.

Tips Agar Mudah Tersenyum

Ketika berhadapan dengan banyak masalah, ingat bahwa Allah tak akan membiarkan hambanya masuk surga tanpa terlebih dahulu mengujinya.  Maka, tersenyumlah.  Bahkan ketika harus memaksakan senyuman.  Tetap saja, senyum itu berguna membahagiakan diri dan orang lain.

Pada bab 7 ini penulis memberikan jadwal tersenyum.  Wow!  Ya, tentu saja kita tak bisa tersenyum setiap waktu setiap tempat.  Bisa-bisa dikira tak waras.  Sebenarnya senyum tak perlu waktu khusus, hanya jadwal senyum yang disuguhkan penulis ibarat sedang memberi suntikan energi pada diri. Diantara jadwal tersebut adalah saat hendak tidur, setelah bangun, saat bertemu orang, dan saat minum obat.

Senyum Memberi Kekuatan Hidup

Seberat apapun ujian, jika kita hanya bergantung pada Allah SWT, kita akan mendapat ridhanya.  Tetap hadapi dengan senyuman untuk setiap ujian yang Allah berikan.  Senyum memberi ketenangan hati.  Hati yang tenang adalah hati yang diridoi Allah SWT.  Sehingga akan mebawa banyak kebaikan.

 

 

 

Gambar Gravatar
Dari sebuah titik zenit, untuk garis, bidang, ruang, dan kembali pada kehampaan. Penyuka warna hitam dan kopi hitam, suka menulis untuk mengasah kepekaan dan cara meditasi, untuk memperbaiki diri serta menebar inspirasi.